Efek Pemberian Ekstrak Kulit Batang Rhizopora apiculata Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Pada Tikus Putih (Rattus novergicus) Jantan Galur Sprague Dawley

Deandra, Athaayaa Iswari (2023) Efek Pemberian Ekstrak Kulit Batang Rhizopora apiculata Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Pada Tikus Putih (Rattus novergicus) Jantan Galur Sprague Dawley. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Proses penyembuhan struktur jaringan yang terluka merupakan suatu proses yang kompleks. Penanganan luka yang adekuat berpengaruh pada proses penyembuhan luka. Penggunaan obat-obatan medis dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Alternatifnya adalah penggunaan tanaman herbal berupa kulit batang bakau yang mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, saponin, dan tanin. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian ekstrak kulit batang Rhizopora apiculata terhadap penyembuhan luka sayat pada tikus putih (Rattus norvegicus) jantan galur Sprague dawley Metode:Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik metode true experimental pola post-test only control group design. Penelitian dilakukan selama 14 hari dengan sampel 30 ekor tikus yang terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok K- diberikan akuades, kelompok K+ diberikan oxoferin, dan kelompok P1, P2, dan P3 diberikan ekstrak kulit batang Rhizopora apiculata dengan konsentrasi 20%, 30%, dan 40%. Pengamatan dilakukan pada penyembuhan luka sayat berupa lama penyembuhan dan penyusutan panjang luka. Data dianalisis dengan uji One-Way ANOVA. Hasil: Uji ANOVA memberi hasil p = 0,000 pada lama penyembuhan dan p = 0,003 pada penyusutan panjang luka, menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada penyembuhan luka sayat. Uji Post hoc LSD menunjukkan nilai p = <0,05 antara kelompok K- dan kelompok P1, P2, dan P3. Simpulan: Terdapat efek pemberian ekstrak kulit batang Rhizopora apiculata terhadap penyembuhan luka sayat pada tikus putih (Rattus norvegicus) jantan galur Sprague dawley yang efeknya paling bermakna pada konsentrasi 20%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301200473 . Digilib
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:18
Terakhir diubah: 16 Feb 2023 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69372

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir