HUBUNGAN RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT (RNL) DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Dinul Aliya, Julianti (2023) HUBUNGAN RASIO NEUTROFIL LIMFOSIT (RNL) DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Pneumonia merupakan infeksi akut pada jaringan paru akibat bakteri, virus, dan jamur. Peningkatan nilai RNL pada pasien pneumonia adalah biomarker terhadap respon inflamasi sistemik yang mudah diukur, murah, dan mudah diinterpretasikan dalam prognosis luaran pasien pneumonia yang dikaitk dengan lama rawat inap di rumah sakit. Namun, masih belum banyak jumlah penelitian yang relevan, serta penerapannya dalam praktik sehari-hari masih minim. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan RNL dengan lama rawat inap pada pasien pneumonia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik pengambilan data adalah total sampling dengan besar sampel 39 pasien. Lokasi penelitian berada di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung dan berlangsung pada Bulan Juli-Desember tahun 2022. Variabel independen yaitu RNL, sedangkan variabel dependen yakni lama rawat inap. Data diperoleh dari hasil pemeriksaan penunjang laboratorium dalam rekam medik pasien pneumonia. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji Chi-square dengan CI 95%. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pasien berasal dari kelompok usia 51-60 tahun (51,3%) dan berjenis kelamin laki-laki (61%). Rata-rata pasien pneumonia memiliki nilai ANC tinggi (9.260) dan ALC normal (1.244) sehingga diperoleh rerata RNL tinggi (10,067) dengan rerata rawat inap yang lama (6 hari). Terdapat adanya hubungan antara RNL dengan lama rawat inap pada pasien pneumonia di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara RNL dengan lama rawat inap pada pasien pneumonia di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301078878 . Digilib
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:27
Terakhir diubah: 17 Feb 2023 09:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69551

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir