Yulivia, Annisa Putri (2023) SENTIMENT ANALYSIS LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN INSET LEXICON (STUDI KASUS: GOFOOD DAN GRABFOOD). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1927Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1018Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat banyak menghadirkan teknologi baru. Teknologi yang dimaksud yakni GoFood dan GrabFood yang merupakan layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia yang dapat dipesan secara online melalui sebuah aplikasi smartphone. Sebagian pengguna GoFood dan GrabFood menyampaikan opini terhadap layanan GoFood dan GrabFood melalui Twitter. Opini tersebut dapat digunakan sebagai evaluasi bagi kedua perusahaan. Banyaknya opini pengguna GoFood dan GrabFood yang ditemukan pada media sosial Twitter. Karenanya dilakukan penelitian mengenai analisis sentimen terhadap pengguna GoFood dan GrabFood pada media sosial Twitter pada periode 01 Februari 2022 – 21 Februari 2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode Lexicon Based menggunakan corpus InSet Lexicon. Data diklasifikasikan ke dalam sentimen positif dan sentimen negatif. Hasil klasifikasi layanan GoFood pada sentimen positif sebesar 40% dan sentimen negatif sebesar 60%. Sedangkan layanan GrabFood memperoleh sentimen positif sebesar 47% dan sentimen negatif sebesar 53%. Kata kunci: InSet Lexicon, GoFood, GrabFood, tweet, analisis sentimen.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | 2301125907 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 08:48 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2023 08:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69658 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |