STRATEGI MEMBANGUN PERSONAL BRANDING OZA RANGKUTI MELALUI KONTEN BAHASA ABG JAKSEL DI MEDIA TIKTOK (Studi Pada Akun TikTok @Podcastkeselaje)

Fransiskus , Alderrio Danar Arnando (2023) STRATEGI MEMBANGUN PERSONAL BRANDING OZA RANGKUTI MELALUI KONTEN BAHASA ABG JAKSEL DI MEDIA TIKTOK (Studi Pada Akun TikTok @Podcastkeselaje). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Personal branding melalui platform digital seperti TikTok, memungkinkan visibilitas di benak khalayak dan menjadi salah satu hal penting dalam membangun perjalanan karir. Media sosial TikTok tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan saja. Namun, juga dapat digunakan sebagai media personal branding. Salah satunya yaitu Oza Rangkuti dengan akun TokTok @podcastkeselaje. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui personal branding Oza Rangkuti melalui konten komunikasi bahasa ABG Jaksel pada akun TikTok @Podcastkeselaje. Dalam melakukan analisis, peneliti menggunakan 3 indikator dasar personal branding dari McNally dan Speak, yaitu kekhasan, relevansi, dan konsistensi serta 8 konsep utama strategi membangun personal branding dari Peter Montoya yang terdiri dari spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan dan nama baik. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah Oza rangkuti dalam membangun Personal Branding melalui konten bahasa ABG Jaksel adalah pertama kekhasan nampak melalui indikator spesialisai dan perbedaan konten yang Oza bawakan melalui bahasa ABG Jaksel, Relevansi nampak melalui indikator kepemimpinan, kepribadian dan nama baik yang dimiliki oleh Oza secara personal, terakhir konsistensi nampak melalui indikator terlihat, kesatuan dan keteguhan Oza dalam memproduksi sebuah konten TikTok. Sedangkan melalui akun @podcastkeselaje Oza menampilkan personal yang mewakili ABG Jaksel dengan Bahasa khas nya mix language yaitu Bahasa Jaksel. Kata kunci: TikTok, Personal Branding, Bahasa Jaksel Personal branding through digital platforms such as TikTok, allows visibility in the minds of audiences and is one of the important things in building a career path. TikTok social media is not only used as a means of entertainment. However, it can also be used as a personal branding medium. One of them is Oza Rangkuti with the TokTok account @podcastkeselaje. Through this research, the researcher aims to find out the form of personal branding built by Oza Rangkuti through South Jakarta ABG language communication content on the TikTok account @Podcastkeselaje. In conducting the analysis, the researcher uses 3 basic indicators of personal branding from McNally and Speak, namely distinctiveness, relevance, and consistency as well as 8 main concepts of strategies for building personal branding from Peter Montoya which consist of specialization, leadership, personality, difference, visibility, unity, firmness. and good name. The results of the study that can be concluded are Oza's involvement in building Personal Branding through South Jakarta ABG language content. The first is that the distinctiveness appears through indicators of specialization and differences in content that Oza brings through South Jakarta ABG language. Relevance is evident through indicators of leadership, personality and good name that Oza has personal, finally consistency is visible through visible indicators, Oza's unity and firmness in producing TikTok content. Meanwhile, via the @podcastkeselaje account, Oza presented a personal representative for South Jakarta ABG with a mix language, namely South Jakarta. Keywords: TikTok, Personal Branding, Jaksel Language

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301305957 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:48
Terakhir diubah: 21 Feb 2023 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69708

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir