IMPLEMENTASI MEKANIKA KUANTUM DINAMIKA HARGA SAHAM DALAM MODEL POTENSIAL OSILATOR TAK HARMONIK (STUDI KASUS PADA PT. BANK MANDIRI TBK)

Bella , Laraswati (2022) IMPLEMENTASI MEKANIKA KUANTUM DINAMIKA HARGA SAHAM DALAM MODEL POTENSIAL OSILATOR TAK HARMONIK (STUDI KASUS PADA PT. BANK MANDIRI TBK). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (528Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2257Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2025Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengkajian mekanika kuantum untuk pasar saham telah dilakukan menggunakan model potensial osilator tak harmonik dengan menganalogikan harga saham sebagai partikel. Pasar saham berkontribusi pada perubahan pergerakan return harga saham yang dibangun berdasarkan persamaan Langervin. Pada penelitian ini, pasar saham ditinjau pada keadaan stasioner sehingga harga saham dapat diwakili dengan fungsi gelombang Schrödinger tak gayut waktu menghasilkan rapat probabilitas model pasar saham yang kemudian dicocokkan dengan rapat probabilitas dari data harga saham PT. Bank Mandiri Tbk. Data yang dipakai dalam pencocokan model potensial osilator harmonik terhadap mekanika kuantum terhadap harga saham adalah pergerakan harga penutupan harian (adjust close) sejak tanggal 4 Januari 2016 sampai dengan 27 Desember 2019. Berdasarkan persamaan Langervin didapatkan persamaan potensial osilator tak harmonik yang memiliki 3 konstanta sebagai parameter yaitu γ, c dan k. Proses pencocokan secara komputasi sehingga didapat parameter γ yang menggambarkan kekuatan market maker dalam menerima order diperoleh sebesar . Parameter c menggambarkan dominasi trend follower atau contrarian pada pasar saham diperoleh sebesar 0,6γ. Parameter k menggambarkan perilaku penghindaran risiko oleh trend follower dan contrarian diperoleh sebesar . Nilai standar deviasi ( ) yang dihasilkan sebesar 0,0175 sehingga dapat mewakili keadaan data harga saham PT. Bank Mandiri Tbk. Kata kunci: Saham, Schrödinger, potensial osilator tak harmonik, Langevin.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301460952 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:22
Terakhir diubah: 22 Feb 2023 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69862

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir