ANALISIS KINERJA PENGENDALI MODE TEGANGAN DAN PENGENDALI MODE ARUS PADA PHASE SHIFTED FULL BRIDGE (PSFB) CONVERTER 20 kW

Muhamad, Ikhsanudin (2023) ANALISIS KINERJA PENGENDALI MODE TEGANGAN DAN PENGENDALI MODE ARUS PADA PHASE SHIFTED FULL BRIDGE (PSFB) CONVERTER 20 kW. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (121Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mobil listrik adalah jenis kendaraan yang digerakkan menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Untuk melakukan pengisian energi pada baterai mobil listrik dibutuhkan sebuah konverter yang efisien. Penelitian ini mengusulkan sebuah konverter yang beroperasi dengan soft switching yaitu Phase Shifted Full Bridge (PSFB) Converter yang bekerja dengan pengendali mode tegangan dan pengendali mode arus. Konverter ini bekerja dengan kontrol PI (Proportional, Integral) dengan metode trial & error. Penelitian dilakukan dengan metode simulasi menggunakan Matlab Simulink. PSFB Converter disimulasikan dengan variasi tegangan input yaitu : 450,500,550,600,650,700 dan 750 V serta variasi frekuensi switching yaitu: 100,300, dan 500 kHz. Pengukuran dilakukan untuk mengukur nilai tegangan, arus, rise time, dan overshoot yang digunakan untuk menghitung efisiensi dan rugi-rugi daya yang dihasilkan konverter. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pada kedua mode pengendali semakin besar tegangan input maka semakin besar efisiensi dan semakin kecil rugi-rugi daya. Namun, hal yang berbeda ditemui pada saat perubahan frekuensi switching yaitu semakin besar frekuensi switching maka semakin kecil efisiensi dan semakin besar rugi-rugi daya. Secara umum, pengendali mode tegangan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan mode pengendali arus. Kata kunci : Mobil Listrik, PSFB Converter, Efisiensi, Rugi-rugi, Rise Time, Overshoot.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 605 Terbitan berseri tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2301975370 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:18
Terakhir diubah: 23 Feb 2023 01:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/69888

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir