CITRA , VERAMA PUTRI (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN (Studi pada Siswa Kelas VIIB Semester Genap MTs Al-Furqon Rawi Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2336Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1442Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa MTs Al-Furqon Rawi kelas VIIB semester genap yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi metode yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi : 1) mengoreksi hasil jawaban siswa; 2) mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis jenis-jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman yang dilakukan siswa dalam menjawab dan menyelesaikan soal; 3) menghitung jumlah persentase kesalahan; 4) menganalisis secara deskriptif data hasil perhitungan; dan 5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data mengenai kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan prosedur Newman yaitu kesalahan membaca soal (reading error) sebesar 9,78%, kesalahan memahami soal (reading comprehension) sebesar 42,39%, kesalahan transformasi masalah (transform error) sebesar 46,74%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) sebesar 63,04%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) sebesar 69,67%. Faktor penyebab kesalahan yang paling banyak terjadi dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial adalah siswa tidak teliti dalam melakukan perhitungan dan rendahnya kemampuan siswa dalam menghitung bentuk pecahan. Kata kunci : Analisis kesalahan, soal cerita, aritmetika sosial, prosedur Newman
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301688358 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:40 |
Terakhir diubah: | 02 Mar 2023 02:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70017 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |