PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BERBASIS DIGITAL UNTUK KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS VII DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG

ITA, MEIRIYANTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BERBASIS DIGITAL UNTUK KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS VII DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
01. ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
02. Tesis_Ita Meiriyanti_2123011011_MTP FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2524Kb)
[img]
Preview
File PDF
03. Tesis_Ita Meiriyanti_2123011011_MTP TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2427Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis potensi dan kondisi, proses pengembangan, karakteristik produk, keefektifan serta respon atau tanggapan pengguna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana potensi dan kondisi SMP Negeri 3 Jati Agung untuk mengembangkan media crossword puzzle pada mata pelajaran bahasa Inggris? 2. Seperti apa hasil pengembangan media crossword puzzle pada mata pelajaran Bahasa Inggris? 3. Seperti apa karakteristik pengembangan media crossword puzzle pada mata pelajaran Bahasa Inggris? 4. Bagaimana efektifitas penggunaan produk pengembangan media crossword puzzle pada mata pelajaran Bahasa Inggris? Proses pengembangan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangannya memiliki lima langkah. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis potensi dan kondisi di SMP Negeri 3 Jati Agung perlunya pengembangan media untuk masalah pembelajaran Bahasa Inggris terutama penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Pengembangan ini menghasilkan media Crossword Puzzle dengan nama media pembelajaran English Crossword Puzzle dengan menggunakan bantuan aplikasi Crosswordlabs. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan total 85.58 dengan kriteria sangat valid. Sedang hasil validasi ahli media mendapat total skor 82.74, dan validator ahli desain mendapat skor 85.83 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba produk oleh guru mendapat skor 92.65 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk mengukur keefektifan diperoleh hasil uji coba produk oleh peserta didik mendapatkan skor 89.71 dengan kriteria sangat layak. Karakteristik media ini dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik dan atau digunakan dengan bimbingan pendidik selama proses pembelajaran. Terdapat keefektifan penggunaan media berdasarkan hasil rata-rata pretest 61,03 dan posstest sebesar 81,56 terdapat perbedaan yang signifikan yang dapat diambil kesimpulan bahwa media Crossword Puzzle dapat digunakan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Jati Agung.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301096473 . Digilib
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:16
Terakhir diubah: 14 Mar 2023 01:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70099

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir