PENGARUH VARIASI KONSENTRASI Ag+ TERHADAP PEMBENTUKAN SIFAT FISIS DAN STRUKTUR MIKRO BIOFOAM BERBASIS PATI SINGKONG DAN SERAT BATANG JAGUNG

Galang , Haedi Wijaya (2023) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI Ag+ TERHADAP PEMBENTUKAN SIFAT FISIS DAN STRUKTUR MIKRO BIOFOAM BERBASIS PATI SINGKONG DAN SERAT BATANG JAGUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1329Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1292Kb) | Preview

Abstrak

Biofoam pada penelitian ini terbuat dari biopolimer berupa pati singkong, selulosa dari batang jagung, dan polimer pengikat berupa Polivinil Alkohol (PVA). Pembuatan biofoam tersebut dicetak menggunakan metode thermopressing dengan T=150 ℃ dan ditekan selama t = 3 menit. Bahan aditif berupa Ag+ ditambahkan untuk memberikan sifat antibakteri biofoam. Ag+ diproduksi menggunakan metode elektrolisis dari batang AgBr dengan tegangan listrik 15 Volt. Kemudian, larutan hasil elektrolisis yang mengandung Ag+ divarisasikan konsentrasi (12 ppm; 17 ppm; 22 ppm; 27 ppm). Ion tersebut kemudian dilapiskan pada biofoam menggunakan metode dip coating, lalu dikeringkan pada suhu ruangan. Seiring dengan penambahan konsentrasi larutan Ag+ yang dilapiskan pada biofoam, konsentrasi Ag+ mempengaruhi densitas biofoam yaitu penambahan konsentrasi ag+ mengakibatkan penurunan nilai densitas. Dengan nilai terbaik di peroleh pada sampel D sebesar 0,309 g/cm3. Konsentrasi Ag+ mempengaruhi sifat porositas yaitu semakin naik konsentrasi ag+ semakin naik juga nilai porositas nya dengan nilai terbaik pada sampel D dengan nilai sebesar 7,6 %. Penambahan Ag+ mempengaruhi nilai kristalinitas biofoam, Semakin tinginya konsentrasi Ag+ semakin meningkat nilai kristalinitas biofoam dengan nilai terbaik pada sampel D sebesar 42,6 %. Kata Kunci: Ag+, Biofoam, crystallinity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301321985 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:44
Terakhir diubah: 16 Mar 2023 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70123

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir