PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

FIFI , DWI PUSPITASARI (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PEMBELAJARAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1709Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1407Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating And Transferring) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Rancangan penelitian yang digunakan dalam uji coba produk penelitian adalah PretestPosttest Control Group Design. Data penelitian diperoleh dari wawancara, pemberian angket, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis strategi REACT yang dikembangkan valid berdasarkan ahli dengan rata – rata nilai 80%, praktis berdasarkan penilain peserta didik dan guru dengan nilai 83% dan 81%. Selain itu, hasil uji efektivitas modul berbasis pembelajaran strategi REACT termasuk dalam kategori sedang, jika dilihat dari nilai gain sebesar 0,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pembelajaran strategi REACT yang dikembangkan valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Modul, REACT, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301124799 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:22
Terakhir diubah: 13 Apr 2023 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70686

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir