RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN pH, SUHU DAN KELEMBAPAN TANAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC BERBASIS IoT (INTERNET OF THINGS)

M GILANG, DEFRIZA (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN pH, SUHU DAN KELEMBAPAN TANAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC BERBASIS IoT (INTERNET OF THINGS). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3921Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah dilakukan penelitian Rancang Bangun Sistem Pengukuran pH, Suhu, dan Kelembapan Tanah Menggunakan Metode Fuzzy Logic berbasis Internet of Things. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat yang dapat membantu petani untuk membuat keputusan melalui pemilihan jenis tanaman yang sesuai terhadap lahan pertanian. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah laptop, solder, kawat timah, multimeter, papan PCB, bor PCB, mikrokontroler Arduino Uno R3, Lcd karakter 16x2, pH meter, sensor suhu DS18B20, Capacitive soil moisture sensor, WiFi Bluetooth board ESP-32, software Arduino IDE, Proteus, Eagle, Microsoft office word, Origin, Twillio WhatsApp. Penelitian dibagi menjadi dua bagian yaitu perancangan perangkat keras dan perangkat lunak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode logika fuzzy. Hasil dari penelitian ini berupa alat yang dapat memberikan data hasil pengukuran pH, suhu dan kelembapan tanah yang dikonversi menjadi nilai kesuburan tanah serta memilih jenis tanaman yang tepat menggunakan logika fuzzy. Nilai akurasi dari sensor pH dan suhu yaitu 96,33% dan 99,83%. Sedangkan untuk nilai presisi sensor pH dan suhu adalah 99,56 % dan 99,9%. Berdasarkan data tersebut maka dapat dikatakan alat bekerja dengan baik dan dapat digunakan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301077917 . Digilib
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:31
Terakhir diubah: 13 Apr 2023 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70708

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir