STRATEGI SOSIALISASI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM 2024 (Studi Pada KPU Provinsi Lampung)

CACA , RIZKY FITRIA (2023) STRATEGI SOSIALISASI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM 2024 (Studi Pada KPU Provinsi Lampung). ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana strategi KPU Provinsi Lampung dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula pada Pemilihan Umum 2024. Pemilih pemula adalah pemilih yang menginjak usia 17-21 atau mereka yang belum 17 tahun tetapi sudah pernah menikah sesuai dengan ketentuan UUD RI No 7 Tahun 2017 Pasal 348. Karena suara pemilih pemula strategis dan prosentasinya banyak maka mereka membutuhkan pemahaman tentang kepemiluan dengan dilakukannya sosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori ofensif yaitu perluasan pasar, menembus pasar dan teori defensif yaitu mempertahankan pasar oleh Peter Schroder. Hasil penelitian yang ditemukan ialah strategi perluasan pasar sudah dilakukan dengan cara kampanye politik dan implementasi politik secara konvensional dan media sosial, strategi menembus pasar sudah dilakukan dengan cara memutuskan pasar mana saja yang akan dimasuki dan memahami lingkungan pasar yang akan diberikan sosialisasi namun harus dikembangkan, strategi mempertahankan pasar sudah dilakukan dengan cara mempertahankan basis masa tetap dengan langsung turun lapangan yang dilakukan oleh KPU Provinsi Lampung. Kata Kunci : Pemilu, Pemilih Pemula, Swing Voters, Strategi, Sosialisasi. ABSTRACT This research explains the Lampung Province KPU's strategy in increasing the political participation of first-time voters in the 2024 General Election. Beginner voters are voters aged 17-21 years or those who are not yet 17 years old but have been married in accordance with the provisions of the Republic of Indonesia Constitution No. 7 of 2017 Article 348. Due to the voter's beginner strategy because the percentage is large, they need an understanding of election through socialization. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. This study uses offensive theory, namely market expansion and penetration, and defensive theory, namely maintaining the market, by Peter Schroder. The results of the research found are that the market expansion strategy has been carried out by means of political campaigns and political implementation in konvensional and media social, the market penetration strategy has been carried out by deciding which markets to enter and understanding the market environment that will be socialized but must be developed, and the strategy to maintain the market has been carried out by figuring out how to maintain a fixed mass base by going directly to the field, which was carried out by the KPU of Lampung Province. Keywords: Election, Beginner Restorer, Swing Voters, Strategy, Socialization

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2301660153 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:10
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71083

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir