Muhammad Ramadian , Rahmanda (2023) PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBANTU POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KAWASAN HUTAN LINDUNG BATUTEGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK 1813024017.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
File PDF
FILE SKRIPI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1779Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1735Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk a). Mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STEM berbantu poster terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. b). Mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STEM berbantu poster terhadap sikap peduli lingkungan kawasan hutan lindung Batutegi di SMPN 1 Airnaningan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Airnaningan yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik random sampling. Data yang diperoleh yaitu data sikap peduli lingkungan yang dianalisis secara statistik menggunakan uji one way ANOVA serta data hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan STEM berbantu poster terhadap sikap peduli lingkungan dan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan antara kelas kontrol dan eksperimen (Sig. 0,000 ˂ 0,05). Simpulan dari penelitian ini adalah a). Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan eksperimen. b).Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM berbantu poster terhadap sikap peduli Kawasan Hutan Lindung Batutegi pada materi sistem energi bagi peserta didik SMP Negeri 1 Airnaningan Tanggamus.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301566274 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 01:11 |
Terakhir diubah: | 28 Apr 2023 01:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71154 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |