GAMBARAN MUTU PELAYANAN ANTENATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU HAMIL PESERTA BPJS DI PUSKESMAS KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

Aulia Ghina, Sabilla (2023) GAMBARAN MUTU PELAYANAN ANTENATAL CARE TERHADAP KEPUASAN IBU HAMIL PESERTA BPJS DI PUSKESMAS KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (971Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (873Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Cakupan pelayanan antenatal care (ANC) di kota Bandar Lampung mengalami peningkatan selama tahun 2013-2021. Meskipun cakupan ANC mengalami peningkatan, kota Bandar Lampung menempati rangking ketiga kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang memiliki jumlah kematian ibu terbanyak. Tingginya hasil cakupan ANC secara kuantitatif berbanding lurus dengan tingginya jumlah kematian ibu, hal ini menunjukkan bahwa masih rendahnya kualitas ANC di kota Bandar Lampung. Kualitas pelayanan mempengaruhi terhadap kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan antenatal care terhadap kepuasan ibu hamil peserta BPJS di Puskesmas Kedaton Kota Bandar Lampung. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif observasional dengan jumlah responden sebanyak 38 orang ibu hamil peserta BPJS di Puskesmas Kedaton Kota Bandar Lampung. Teknik analisis data menggunakan skala Likert dan diolah dengan sistem skoring serta dianalisis secara univariat. Hasil Penelitian: Sebagian besar responden, sebanyak 66,3% mengatakan puas dan 31,6% mengatakan sangat puas terhadap pelayanan ANC di Puskesmas Kedaton kota Bandar Lampung. Pada Dimensi reliability 67,9% mengatakan mutu pelayanan baik dan 31,1% mengatakan sangat baik. Dimensi responsiveness 67,9% responden mengatakan mutu pelayanan baik dan 30,5% mengatakan sangat baik. Dimensi assurance 59,5% mengatakan mutu pelayanan baik dan 40,5% mengatakan sangat baik, dimensi empathy 60% mengatakan mutu pelayanan baik dan 40% mengatakan mutu pelayanan sangat baik, dimensi tangible 80% mengatakan mutu pelayanan baik dan 17,9% mengatakan sangat baik. Kesimpulan: Sebagian besar ibu hamil di Puskesmas Kedaton merasa puas dan menyatakan mutu pelayanan baik. Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan pelayanan ANC supaya kepuasan ibu hamil dapat terus meningkat. Kata Kunci: mutu pelayanan; ANC; kepuasan; ibu hamil; BPJS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301945480 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:18
Terakhir diubah: 28 Apr 2023 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir