HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ade Kiswaya, Annisa Ika Lestari (2014) HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (334Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (494Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3186Kb)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan persepsi peserta didik tentang urgensi pendidikan karakter dengan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Yang melatar belakangi ketertarikan penulis terhadap pentingnya pendidikan karakter dengan motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Melihat sisi penting pendidikan karakter terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, hal ini menimbulkan pertanyaan adanya hubungan persepsi peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan sampel sebanyak 88 orang responden peserta didik terdiri dari kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, dan XII IPS yang berjumlah 26 kelas. Dengan menggunakan angket, dan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Didalam indikator pemahaman tentang pendidikan karakter berkategori baik terdapat 25% responden peserta didik yang memahami tentang pendidikan karakter, indikator sikap positif berkategori baik terdapat 22,73% responden peserta didik, indikator aplikasi pendidikan karakter di sekolah berkategori baik 19,32% responden peserta didik, indikator mengerjakan tugas pendidikan kewarganegaraan berkategori baik 19,32% responden peserta didik, indikator usaha belajar siswa berkategori baik 22,73% responden peserta didik, indikator kegigihan belajar siswa berkategori baik 25% responden, dan indikator prestasi belajar berkategori baik 17,02% responden peserta didik. Pada indikator-indikator tersebut bisa dilihat bahwa indikator aplikasi dan mengerjakan tugas peserta didik lebih tinggi dibandingkan dengan sikap positif, usaha belajar proses belajar yang cukup, sedangkan dengan pemahaman tentang pendidikan karakter dan kegigihan belajar para peserta didik masih terlihat kurang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara urgensi pendidikan karakter dengan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Ini berarti semakin baik pendidikan karakter maka semakin positif pula peserta didik memotivasi belajar dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Kata Kunci : Urgensi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:18
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir