FEBY , PERMATASARI (2023) PERSEPSI PENGGUNA APLIKASI HALODOC TERHADAP KEMUDAHAN BERKOMUNIKASI ANTARA PASIEN DAN DOKTER. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3556Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3510Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Mode komunikasi yang kita jalani telah diperantarai internet dan telah bergerak secara cepat menuju apa yang disebut dengan computer-mediated communication (CMC) atau komunikasi yang dimediasi oleh komputer. Dalam konteks ini, computer-mediated communication (CMC) dipandang sebagai integrasi teknologi komputer dengan kehidupan kita sehari-hari. Penerapan E-health menyediakan layanan kesehatan online dalam sebuah aplikasi bernama Halodoc. Halodoc memberikan kemudahan penggunanya untuk berkonsultasi terkait permasalahan medis dengan dibantu dokter-dokter yang kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap kemudahan berkomunikasi menggunakan aplikasi Halodoc antara dokter dan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan dalam berkomunikasi pada aplikasi halodoc, pasien dapat menjelaskan dengan terbuka kepada dokter mengenai masalah kesehatan karena dokter yang ramah dan cepat tanggap sehingga pasien sangat merasa terbantu dengan cara penyampaian dokter serta interaksi berjalan lancar karena tidak ada kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari pasien. Untuk dokter tetap menanamkan komunikasi yang sudah dijalankan dengan baik dalam melakukan komunikasi dengan pasien, lalu bisa memaparkan istilah kedokteran lebih rinci agar pasien bisa lebih paham dengan pesan yang diberikan oleh dokter. Kata kunci: Computer Mediated Communication, E-health, Halodoc, Persepsi Pengguna. The current mode of communication that we use is now mediated by the internet and has rapidly developed into what is known as computer-mediated communication (CMC). CMC is seen as an integration between computer technology and our daily lives, one of which is E-health. In practice, E-health provides online health services in an application, for example an application called Halodoc which makes it easy for its users to consult regarding their medical problems with the assistance of competent doctors. In regard with the explanation above, this study aims to determine the perceptions of Halodoc‘s users regarding the ease of communication between them as the patients and the doctors using the application. The method used in this research is descriptive research with a qualitative approach. The results of this study indicate that satisfaction in communicating with the Halodoc application is that users/patients can explain openly to doctors about their health problems because doctors are friendly and responsive so users/patients feel very helpful. In addition, the way doctors deliver and the interaction between them also runs smoothly because of the convenience in answering questions from these users/patients. On the other hand, in communicating with patients, doctors maintain good communication and can explain medical terms in more detail through the messages they convey so that users/patients understand better. Keywords: Computer Mediated Communication, E-health, Halodoc, User Perception.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2301029710 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:34 |
Terakhir diubah: | 07 Jun 2023 04:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71727 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |