PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS TERINTEGRASI PjBL STEM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL DAN LITERASI SUSTAINABILITY SISWA SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN

DENI , ANGGRAINI (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS TERINTEGRASI PjBL STEM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL DAN LITERASI SUSTAINABILITY SISWA SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA PEMABAHASAN.pdf

Download (2390Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan program pembelajaran energi terbarukan berbasis multiple representations terintegrasi PjBL STEM untuk melatih keterampilan berpikir spasial dan literasi sustainability siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan R&D model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 2 Kotabumi yaitu kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukan bahwa program pembelajaran yang dikembangkan memiliki (1) Validitas yang sangat tinggi; (2) Praktis dalam implementasinya; (3) Efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir spasial dan literasi sustainability. Dengan demikian program pembelajaran berhasil memaksimalkan potensi peserta didik dan meminimalisir kesenjangan belajar (learning gap). Selain itu, kegiatan pembelajaran dapat melatih literasi sustainability terkait energi terbarukan yaitu (sustainability attitudes)/ perasaan mampu secara pribadi yang mempengaruhi sikap berkelanjutan dimana siswa telah mampu membuat energi terbarukan dan memiliki sikap menghemat energi serta mempresentasikan hasilnya. Pengembangan program pembelajaran yang di lakukan penulis sangat direkomendasikan karena membuat siswa aktif belajar dan sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam implementasi kurikulum saat ini dimana pembelajaran harus berbasis proyek.iii Analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa program pembelajaran yang dikembangkan layak untuk dijadikan alternatif inovasi pembelajaran fisika khususnya pada topik energi terbarukan dalam mempersiapkan generasi muda yang lebih siap menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Spasial, Literasi Sustainability, Multiple Representations, PjBL STEM, Energi Terbarukan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301117158 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:42
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71821

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir