ANALISIS FRAMING TENTANG PERILAKU MANIPULATIF DALAM FILM THE TINDER SWINDLER DAN CATCH ME IF YOU CAN (Analisis Framing Robert N. Entman)

Ardela, Fajar Surdach (2023) ANALISIS FRAMING TENTANG PERILAKU MANIPULATIF DALAM FILM THE TINDER SWINDLER DAN CATCH ME IF YOU CAN (Analisis Framing Robert N. Entman). FAKULTAS FISIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1766Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (766Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Film dokumenter ini merupakan cerminan peristiwa yang memang terjadi secara kreatif tanpa tambahan atau pengurangan informasi. Film The Tinder Swindler dan Catch Me If You Can bertema yang sama yaitu manipulatif. Tetapi dengan sutradara, produser, dan narasumber yang berbeda, perilaku manipulatif dibingkai dalam perspektif yang berbeda juga jika dibandingkan. Tujuan penelitian ini sendiri yaitu untuk mengetahui pesan tentang perilaku manipulatif dalam film The Tinder Swindler dan Catch Me If You Can melalui analisis framing Robert N. Entman. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis framing Robert N. Entman, peneliti ini memfokuskan pada karakter tokoh, adegan, latar, dan dialog pada film The Tinder Swindler dan Catch Me If You Can. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film The Tinder Swindler membingkai dari sudut pandang korban bagaimana Simon dapat memanipulasi mereka hingga mau meminjamkan uang secara terus menerus. Setelah bebas dari penjara, Simon kembali hidup dengan kemewahan, sedangkan para korban masih harus tetap membayar hutang-hutangnya. Sedangkan film Catch Me If You Can membingkai film dengan sudut pandang pelaku yang melakukan manipualtif yang bertujuan untuk mengendalikan emosi korban dan mengambil apa yang mau dia ambil. Frank Junior bisa keluar dari penjara karena ditarik menjadi anggota FBI untuk membantu menganalisis cek apakah asli atau palsu, karena akan lebih mudah jika yang menganalisis adalah orang yang sering memalsukan cek. Kata kunci: Manipulatif, Film, Framing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301352203 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:03
Terakhir diubah: 13 Jun 2023 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71982

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir