ANALISIS FINANCIAL DISTRESS SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Lutfi , Faradita (2023) ANALISIS FINANCIAL DISTRESS SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (3614Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3295Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3614Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan financial distress sebelum dan selama terjadinya pandemic Covid-19 pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan alat ukur kebangkrutan Altman Z-Score pada laporan keuangan periode 2018-2021 tahun keuangan. Variabel independen dalam penelitian ini menggunakan rasio keuangan Altman Z-Score 1968 yaitu Working Capital to Total Asset, rasio Retained Earning To Total Asset, rasio Earning Before Interest And Taxes To Total Asset, rasio Market Value Of Equity To Book Value Of Total Liability, dan rasio Sales To Total Asset terhadap variabel dependen yaitu financial distress. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 29 perusahaan yang terpilih sesuai dengan kriteria untuk menjadi sampel. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu uji statistik Deskriptif dan uji Normalitas. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan yaitu Paired Sample TTest dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi perusahaan pertambangan sebelum adanya pandemi Covid-19 dalam keadaan baik dan tidak terindikasi adanya kesulitan keuangan atau financial distress. Begitupula dengan kondisi keuangan perusahaan selama pandemi Covid-19 dimana tidak terindikasi terjadinya kesulitan keuangan yang dapat menyebabkan kebangkrutan. Untuk rasio kebangkrutan Altman Z-Score hanya Sales To Total Asset yang memiliki perbedaan financial distress antara sebelum dan selama pandemi Covid-19 pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : WCTA, RETA, EBITTA, MVETL, STA, Financial Distress.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2301083341 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:24
Terakhir diubah: 19 Jun 2023 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72425

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir