IMPLEMENTASI PENDAFTARAN MEREK TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PENGRAJIN TAPIS LAMPUNG (Studi Di UMKM Griya Aisyah Tapis Kota Bandar Lampung)

MAHIRA, AISYAH PRADAWI (2023) IMPLEMENTASI PENDAFTARAN MEREK TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PENGRAJIN TAPIS LAMPUNG (Studi Di UMKM Griya Aisyah Tapis Kota Bandar Lampung). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1126Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1072Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Merek memiliki beragam peran penting bagi pelaku usaha baik dalam perdagangan maupun jasa. Fungsi pendaftaran merek adalah untuk memberikan bukti bagi pemilik merek yang sudah terdaftar. Permasalahan hukum dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana implementasi pendaftaran merek terhadap UMKM Griya Aisyah Tapis dan kedua apa faktor-faktor penghambat dalam pendaftaran merek terhadap UMKM Griya Aisyah Tapis. Penelitian hukum yang digunakan adalah penelitian hukum normatif empiris dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung melalui wawancara dan data sekunder yang terdiri dari bahan primer, sekunder, dan tersier. Pengolahan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pertama, Griya Aisyah ikut serta dalam program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang bertujuan untuk memfasilitasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam proses pendaftaran merek tanpa dikenakan biaya. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM dan melindungi hak kekayaan intelektual mereka. Implementasi pendaftaran merek terhadap UMKM Griya Aisyah Tapis ini terbukti dengan adanya pendaftaran merek dagangnya pada tahun 2019 dengan dibuktikannya Nomor Pendaftaran IDM000732139 Kedua, adanya faktor penghambat yang dialami Griya Aisyah saat mengajukan permohonan pendaftaran merek, antara lain kurangnya kesadaran mengenai arti penting merek, persyaratan yang ketat, mahalnya biaya pendaftaran merek, dan proses yang berbelit-belit peraturan baru mempermudah proses pendaftaran merek secara umum. Hal ini memberikan perlindungan hukum yang lebih baik, meningkatkan nilai ekonomi UMKM, dan memperkuat sektor UMKM secara keseluruhan. Meskipun prosesnya tidak mudah, pendaftaran merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual memiliki manfaat penting, seperti perlindungan hukum terhadap penggunaan merek yang sah, hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut, dan membangun identitas merek yang kuat. Hal tersebut penting bagi pemohon untuk memahami persyaratan dan prosedur yang terlibat dalam pendaftaran merek serta mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan secara teliti. Kata Kunci: Pendaftaran Merek, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Implementasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 349 Hukum yurisdiksi tertentu, wilayah, wilayah sosial ekonomi
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301208605 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:19
Terakhir diubah: 21 Jun 2023 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72775

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir