FADILLA, PUSVITASARI (2023) PENGARUH MODEL REQOL (REAL QUEST OUTDOOR LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1666Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1222Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model ReQOL terhadap hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian eksperimen ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes berpikir kritis siswa melalui soal pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Natar. Sampel penelitian ditentukan dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah X IPA III sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA VIII sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample T test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti model pembelajaran ReQOL pada materi getaran harmonis dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Instruction yang didasarkan pada Nilai signifikansi tes Smirnov untuk pre-test adalah 0,076 dan untuk post-test adalah 0,167 dalam kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji independent sample T test, tingkat signifikansi data ditunjukkan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa model ReQOL cukup berpengaruh pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Berdasarkan pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran ReQOL pada mata pelajaran fisika kelas X IPA SMA Negeri 1 Natar. Kata kunci : Model Pembelajaran ReQOL, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301732548 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 02:26 |
Terakhir diubah: | 22 Jun 2023 02:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72889 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |