PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK

Sinka, Aprilia (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK. Other thesis, FKIP.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE THESISI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1985Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE THESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1588Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan berpikir komputasi dan numerasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Surabaya menggunakan e-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi usaha dan energi dengan desain penelitian static-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan instrument tes pretest-posttest dalam bentuk 5 butir soal uraian diukur menggunakan indikator berpikir komputasi dan numerasi. Metode penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan dinyatakan layak dengan persentase sebesar rata-rata n-gain pada kelas kontrol untuk indikator abstraction, decomposition, algorithm, dan debungging dalam kategori rendah dan untuk indikator generalization berkategori sedang. Rata-rata n-gain pada kelas eksperimen untuk indikator abstraction dan algorithm dalam kategori sedang dan indikator decomposition dan generalization dalam kategori tinggi sementara indikator debugging masih dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,050 menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain kelas yang diajar menggunakan model ceramah dengan kelas yang diajar menggunakan model PjBL, dimana kelas yang diajar menggunakan model PjBL memperoleh rata-rata n-gain yang lebih besar. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,61 yang mengindikasikan bahwa penggunaan e-LKPD model pembelajaran PjBL pada materi usaha dan energi berpengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir komputasi dan numerasi peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301135205 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:17
Terakhir diubah: 23 Jun 2023 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73067

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir