NILAI KEARIFAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL PING! A MESSAGE FROM BORNEO KARYA RIAWANI ELYTA DAN SHABRINA W.S. DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/SMK (KAJIAN EKOKRITIK)

ARNIDA , BERLIANA RAHMA (2023) NILAI KEARIFAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL PING! A MESSAGE FROM BORNEO KARYA RIAWANI ELYTA DAN SHABRINA W.S. DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/SMK (KAJIAN EKOKRITIK). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan untuk mencari nilai kearifan lingkungan pada novel ping! a message from Borneo karya Riawani Elyta dan Shabrina W.S, pada penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan oleh guru untuk pembelajaran sehingga siswa dapat mengetahui pentingnya hubungan antara alam dan dirinya sehingga lingkungan alam dapat tetap dijaga dan dilestarikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pencatatan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi Pustaka. Sumber data dalam penelitian ini berupa kata dalam kalimat, kalimat dalam bentuk paragraf, dalam bentuk cerita atau dialog, dan latarnya, sesuai dengan kategori atau jenis kearifan lingkungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik membaca, mencacat dan menandai bagian yang sesuai dengan teori sembilan prinsip etika lingkungan hidup yang dikemukakan oleh Keraf. Hasil penelitian nilai kearifan lingkungan dalam novel ping! a message from Borneo karya Riawani Elyta dan Shabrina W.S. dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai lingkungan positif yang pengarang ingin sampaikan dalam novel, nilai lingkungan positif tersebut digambarkan pengarang melalui upaya pelestarian yang dilakukan oleh Molly dan Nick. Dari hasil penelitian nilai kearifan lingkungan pada novel kemudian diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA/ SMK yang berupa modul ajar. Kata kunci: ekokritik sastra, novel, implikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301989005 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:54
Terakhir diubah: 05 Jul 2023 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir