ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN SUHU PEMBAKARAN TERHADAP STRUKTUR, KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP GENTENG BERGLASIR KAOLIN, SERBUK SILIKA DAN ASAM BORAT

NICO SAVERO , SIRINGORINGO (2023) ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN SUHU PEMBAKARAN TERHADAP STRUKTUR, KUAT TEKAN DAN DAYA SERAP GENTENG BERGLASIR KAOLIN, SERBUK SILIKA DAN ASAM BORAT. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1605Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1288Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Atap merupakan pelindung rangka atas suatu bangunan. Bahan penutup atap harus memenuhi persyaratan yaitu kuat, ringan, dan kedap air. Genteng merupakan salah satu penutup atap yang baik digunakan sebagai pelindung rumah tetapi masih memiliki sifat hidrofilik yang besar. Untuk mengurangi sifat hidrofilik pada genteng, saat ini telah dilakukan upaya pengembangan bahan glasir untuk melapisi genteng sehingga mengurangi sifat hidrofiliknya. Pada penelitian ini genteng dibuat dengan bahan baku lempung, tanah, dan air sedangkan bahan glasir terbuat dari campuran komposisi kaolin, serbuk silika, asam borat, dan air. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi suhu pembakaran terhadap struktur kristal, kuat tekan, dan daya serap air genteng berglasir. Pembuatan genteng dilakukan dengan mencampurkan lempung, tanah, dan air yang kemudian dicetak dan dibakar pada suhu 900 °C. Pembuatan bahan glasir ini dilakukan dengan mencampurkan bahan baku glasir kaolin, serbuk silika, asam borat, dan air hingga menjadi suspensi dan diaplikasikan pada sampel genteng dengan metode celup yang kemudian dibakar pada variasi suhu 1050 °C, 1100 °C, dan 1200 °C. Hasil analisis struktur kristal diketahui terdapat fasa quartz, nacrite, halloysite, tridymite, cristobalite high, dickite, sassolite, quartz, pyrophyllite, clinometaborite, cristobalite, dan dickite pada sampel. Nilai kuat tekan terbesar adalah sampel genteng sebelum dilakukan pengglasiran dan nilai daya serap air terbaik adalah sampel genteng glasir dengan pembakaran suhu 1200 °C. Dalam konteks penelitian ini, variasi suhu pembakaran genteng berglasir memiliki pengaruh terhadap fasa genteng, yang pada gilirannya mempengaruhi sifat-sifat mekanik seperti kuat tekan dan daya serap air. Kata kunci: atap, daya serap, glasir, kuat tekan, suhu pembakaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2301769419 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:57
Terakhir diubah: 18 Jul 2023 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73415

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir