PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH

Yolla, Amanda (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1478Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1305Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan metakognisi siswa pada pembelajaran fisika berbasis pemecahan masalah yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penilaian kemampuan metakognisi diperoleh sebesar 94,04% dalam kategori sangat valid. Oleh karena itu, instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan metakognisi siswa ini diujicobakan kepada 28 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.4.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 6 butir soal instrumen kemampuan metakognisi dinyatakan valid. Soal-soal pada instrumen penilaian kemampuan metakognisi siswa dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,67 dengan kategori cukup. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh ratarata skor sebesar 88,98 dengan kriteria sangat tinggi. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen penilaian, kemampuan metakognisi, pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301773823 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:02
Terakhir diubah: 21 Jul 2023 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73546

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir