PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Nabila, Herlinawati (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI NABILA HERLINAWATI.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_NABILA HW.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2266Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1715Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul interaktif flipbook berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan dan mengetahui kelayakan e-modul serta mengetahui efektifitas e-modul interkatif flipbook dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 27 Bandar Lampung. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Sampel diambil menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak sehingga diperoleh kelas VII B sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor kelayakan e-modul dari ahli materi sebesar 76,33% kriteria “Sangat Layak”, ahli bahasa sebesar 80% kriteria “Sangat Layak”, ahli media sebesar 88,6% kriteria “Sangat Layak”, dan ahli praktisi sebesar 91,66% kriteria “Sangat Layak”. Kemudian produk diuji coba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 86,66% kriteria “Sangat Layak”, uji coba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 90,49% kriteria “Sangat Layak”, dan dari hasil nilai pretest-postest pada kelas eksperimen yang menggunakan e-modul interaktif flipbook mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,61 kriteria “sedang” serta dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 1,24 dengan kategori besar. Dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U dan perhitungan effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan e-modul interaktif flipbook berbasis problem based learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Maka dari itu bahan ajar berupa e-modul interaktif flipbook berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA SMP yang berperan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kata kunci: E-modul Interaktif Flipbook, Problem Based Learning, Pencemaran Lingkungan, Kemampuan Literasi Sains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301083142 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:19
Terakhir diubah: 26 Jul 2023 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73695

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir