MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI NGL - ANONYMOUS Q&A

Salisa Rizky Permata, 1946031014 (2023) MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI NGL - ANONYMOUS Q&A. ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI NGL – ANONYMOUS Q&A Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat pengunduhan aplikasi yang bersifat anonim yaitu NGL di Indonesia. Mengirim pesan secara anonim bertujuan untuk mengungkapkan perasaan atau pesan dengan jujur tanpa rasa takut atau khawatir akan terungkap identitasnya. Douglas dan McGarty dalam Chang (2008), menemukan bahwa orang tak dikenal (anonim) cenderung bertindak lebih 'frontal', termasuk mengirim pesan berbahaya dan mengancam orang lain secara langsung, online di forum diskusi atau melalui pesan. Motif penggunaan media/aplikasi adalah faktor yang memengaruhi preferensi dan frekuensi penggunaan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang mendorong seseorang untuk menggunakan aplikasi NGL. Teori yang digunakan adalah teori motif penggunaan media oleh McQuail, yang merupakan pengembangan dari teori Uses and Gratifications oleh Herbert Blumer dan Elihu Kartz. Menurut McQuail, penggunaan media dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu hiburan, interaksi sosial, identitas pribadi, dan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kelima informan sesuai dengan teori motif penggunaan media oleh McQuail yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif interaksi sosial, dan motif hiburan saat menggunakan aplikasi NGL. Motif yang paling dominan dari seluruh informan yang terdapat dalam menggunakan aplikasi NGL adalah motif identitas diri. Hal ini dipengaruhi oleh rasa FoMO seperti takut tertinggal dari tren, ingin melakukan hal-hal yang sama dengan orang lain, dan ingin dilihat oleh masyarakat sebagai orang yang modern atau tidak tertinggal zaman. Selain itu, pengguna NGL ingin mencari jati dirinya dengan menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya sehingga pendapat tersebut dapat digunakan untuk refleksi diri dan membantu mereka menjadi diri yang lebih baik. Kata kunci: Motif Penggunaan Media, Anonim, Aplikasi NGL. ABSTRACT MOTIVES FOR USING NGL – ANONYMOUS Q&A APPLICATION By SALISA RIZKY PERMATA This research was motivated by the high interest in downloading anonymous applications, namely NGL in Indonesia. Sending messages anonymously aims to express feelings or messages honestly without fear or worry about being revealed. Douglas and McGarty in Chang (2008), found that unknown (anonymous) people tend to act more 'frontally', including sending malicious messages and threatening others directly, online in discussion forums or through messages. Media/app usage motives are factors that influence app preferences and frequency of use. This study used qualitative methods, descriptive qualitative research types, and used data collection techniques such as semi-structured interviews, observation, and documentation. The purpose of this study was to find out what drives someone to use the NGL app. The theory used is McQuail's theory of motivational use of media, which is an evolution of the theory of Uses and Gratifications by Herbert Blumer and Elihu Kartz. According to McQuail, media use can be grouped into four categories, namely entertainment, social interaction, personal identity, and information. The results showed that the motivation of the five informants was in accordance with McQuail's theory of motivation for media use, namely information motives, personal identity motives, social interaction motives, and entertainment motives when using NGL applications. The most dominant motive of all informants found in using the NGL application is the self-identity motive. This is influenced by FoMO feelings such as fear of being left behind by trends, wanting to do the same things as others, and wanting to be seen by society as a modern person or not outdated. Moreover, NGL users want to find their identity by asking other people's opinions about themselves so that these opinions can be used for self-reflection and help them become better selves. Keywords: Media Use Motives, Anonymous, NGL Applications.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301860358 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:12
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74347

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir