KAJIAN KRIMINOLOGIS PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA (Studi Kasus di Kabupaten Pringsewu)

Melia , Efrianti (2023) KAJIAN KRIMINOLOGIS PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA (Studi Kasus di Kabupaten Pringsewu). Fakultas Hukum, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1627Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1494Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kekerasan seksual terhadap anak di lingkungan keluarga merupakan permasalahan yang terus terjadi. Anak yang seharusnya merasakan perlindungan dan kasih sayang justru menjadi korban dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh keluarga dan orang terdekat. Keluarga sebagai lingkungan terpenting bagi perkembangan individu seharusnya menjadi tempat yang aman, namun realitas yang mengerikan ini menimbulkan dampak sosial dan psikologis yang serius pada korban. Permasalahan penelitian ini adalah apakah faktor penyebab terjadinya kekerasan seksual terhadap anak di lingkungan keluarga serta bagaimanakah upaya penanggulangan kekerasan seksual terhadap anak di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif untuk mempelajari aspek teoritis dan pendekatan yuridis empiris untuk mempelajari fakta di lapangan. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder, dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kekerasan seksual terhadap anak di lingkungan keluarga yaitu faktor internal (psikologis individu) dan faktor eksternal (faktor pendidikan, ekonomi, lingkungan atau tempat tinggal, kurangnya pemahaman hukum, peranan korban, minuman keras, teknologi, dan kurangnya kebutuhan biologis). Upaya penanggulangan kekerasan seksual terhadap anak di lingkungan keluarga yakni melakukan sosialisasi, Penguatan Peran Keluarga, memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat dan melakukan penyelidikan maupun penyidikan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Adapun saran yang diberikan yaitu adanya kerjasama yang efektif antara keluarga, pihak kepolisian, lembaga sosial yang menangani perlindungan anak, dan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Pringsewu. Dengan menjalankan upaya baik jalur non-penal (preventif) maupun penal (represif) secara bersama-sama dan bersinergi, diharapkan kasus-kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Pringsewu dapat ditangani dengan baik. Kata kunci : Kriminologis, Kekerasan Seksual Anak, Lingkungan Keluarga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301448087 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:46
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74385

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir