PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DIGITAL MENGANALISIS BESARAN-BESARAN FISIS PADA BATERAI SEKUNDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ALYA RIZKI, MUSTOPA (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DIGITAL MENGANALISIS BESARAN-BESARAN FISIS PADA BATERAI SEKUNDER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1128Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1032Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan agar peserta didik dapat memecahkan masalah yang muncul. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan latihan berulang melalui kegiatan praktikum yang diselaraskan dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan panduan praktikum digital menganalisis besaran-besaran fisis pada baterai sekunder untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Panduan praktikum digital dikembangkan berdasarkan Capaian Pembelajaran fisika kelas XII pada Kurikulum Merdeka. Panduan praktikum digital ini juga dikembangkan dengan enam indikator berpikir kritis dari Facione (2015): interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation, dan self-regulation. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan DDR (Richey & Klein) digunakan dengan empat tahapan yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil validitas kategori validasi media desain dan validasi materi konstruk memperoleh skor rata-rata 3,61 dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan produk dinilai berdasarkan uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik di SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah yang memperoleh skor rata-rata 90,06% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa panduan praktikum digital yang dikembangkan valid dan praktis. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran fisika SMA untuk melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301374487 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 09:44
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 09:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir