HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN TINGKAT OVITRAP INDEX (OI) DI KECAMATAN RAJABASA, KOTA BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD MORSA, HABIBIE (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN TINGKAT OVITRAP INDEX (OI) DI KECAMATAN RAJABASA, KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (272Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
File Tugas Akhir_Skripsi_Thesis_Disertasi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (24Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN)
File Tugas Akhir_Skripsi_Thesis_Disertasi Full tanpa Pembahasan.pdf

Download (24Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Demam berdarah dengue (DBD) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Pada tahun 2019 terdapat 5, 2 juta kasus DBD di dunia dan di Indonesia pada tahun 2019 terdapat 108.303 kasus DBD. Sedangkan di Kota Bandar Lampung pada tahun 2022 terdapat 868 kasus DBD. Salah satu langkah untuk mencegah penularan DBD adalah dengan melakukan program pemberantasan vektor DBD dengan pengendalian vektor menggunakan ovitrap. Hasil dari ovitrap digambarkan dengan ovitrap index. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dan ovitrap. Kemudian hasilnya dilakukan analisis univariat untuk karakteristik responden, hasil kuesioner dan nilai ovitrap index. Selain itu, dilakukan juga analisis bivariat menggunakan analisis chi-square dengan tarif kepercayaan 95%. Hasil: Hasil analisis univariat untuk karakteristik responden menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia dewasa akhir dengan pendidikan terakhir adalah SMA dan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, hasil analisis univariat menunjukkan bahwa masyarakat Kecamatan Rajabasa memiliki pengetahuan dan perilaku pencegahan DBD yang baik, namun rerata nilai ovitrap index sebesar 46, 75% dan dikategorikan level yang tinggi. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pengetahuan DBD dengan Ovitrap Index (p-value=0,34) dan tidak terdapat hubungan antara perilaku pencegahan DBD dengan Ovitrap Index (p-value=0, 587). Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dan perilaku pencegahan dengan kejadian DBD di Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue, Ovitrap Index, Pengetahuan, Perilaku Pencegahan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2301613500 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:40
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74865

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir