PENGEMBANGAN e-LPKD UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN “ExPRession”

NISA, FADILAH (2023) PENGEMBANGAN e-LPKD UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN “ExPRession”. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (282Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3611Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis berbantuan platform Heyzine. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Design and Development Research (DDR) dengan menggunakan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru dan uji respon peserta didik, uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, N-Gain dan Independent Sample T-Test. Pada hasil uji validitas untuk uji media dan desain didapatkan skor sebesar 3,64 dengan kategori sangat valid, dan untuk uji validasi pada materi dan konstruk diperoleh skor sebesar 3,78 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata sebesar untuk uji keterbacaan sebesar 82,15% dengan kategori terbaca, uji respon peserta didik sebesar 81,8% dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk uji persepsi guru sebesar 87,9%. Sehingga rerata skor uji kepraktisan tersebut sebesar 83,95% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dapat dilihat pada hasil uji n-gain dan independent sample t-test, berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh skor untuk kelas eksperimen sebesar 0,561 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik telatihkan. Selain itu juga berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0.000 yang artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan e-LKPD berbasis model pembelajaran ExPRession, dengan kelas yang menggunakan LKPD dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat diartikan bahwa e-LKPD berbasis model pembelajaran ExPRession efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: e-LKPD, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran ExPRession

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301045687 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:58
Terakhir diubah: 21 Aug 2023 00:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir