ANALISIS NILAI SATURASI AIR BERDASARKAN SOFTWARE DAN PERHITUNGAN MANUAL UNTUK MENGETAHUI KANDUNGAN FLUIDA DI LAPANGAN "X" CEKUNGAN SUMATERA SELATAN

Herlian Eka, Putra (2023) ANALISIS NILAI SATURASI AIR BERDASARKAN SOFTWARE DAN PERHITUNGAN MANUAL UNTUK MENGETAHUI KANDUNGAN FLUIDA DI LAPANGAN "X" CEKUNGAN SUMATERA SELATAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (589Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (16Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Cekungan Sumatera Selatan adalah salah satu cekungan penghasil hidrokarbon yang ada di Indonesia. Namun penurunan produksi hidrokarbon terjadi setiap tahunnya sehingga diperlukan eksplorasi untuk menemukan cadangan baru. Salah satu metode yang digunakan dalam eksplorasi hidrokarbon adalah metode well logging. Secara sederhana well logging dapat diartikan sebagai pencatatan perekaman dan penggambaran sifat, karakter, ciri, data, keterangan, dan urutan bawah permukaan secara berkelanjutan dan teratur selaras dengan majunya alat yang dipakai. Dalam penelitian ini menggunakan empat data sumur log yaitu sumur H-52. H-81, H-83, dan H-84. Data yang digunakan berupa data log gamma ray, neutron, densitas, dan resistivitas. Pengolahan dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Dimana secara kualitatif mendapatkan zona-zona reservoir dari keempat sumur. Terdapat 6 zona reservoir pada sumur H-52, sumur H-81 memiliki 19 zona reservoir, terdapat 17 zona reservoir pada sumur H-83 dan 9 zona reservoir pada sumur H-84. Kemudian secara kualitatif dilakukan analisa menggunakan software dan juga secara manual untuk mencari nilai dari saturasi air tiap zona reservoir tersebut. Sumur H-52 memiliki nilai saturasi air yang relatif kecil yaitu dibawah 0.5 sedangkan sumur H-81 sebagian besar didominasi dengan nilai Sw yang sedang 0.4-0.6 untuk sumur H-83 dan H-84 sebagian besar memiliki nilai Sw yang tinggi dimana lebih dari 0.6. sehingga dari nilai saturasi air tersebut dapat diinterpretasikan fluida pengisi reservoir nya hingga didapatkan pada sumur H-52 dan H-81 reservoirnya didominasi dengan fluida pengisi berupa gas. Sedangkan pada sumur H-83 dan H-84 didominasi dengan fluida pengisi berupa minyak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301459686 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:25
Terakhir diubah: 23 Aug 2023 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75170

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir