IMPLEMENTASI SISTEM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ELEKTRONIK E-SAMSAT (Studi E-Salam Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung)

KLARISA , ARYANI (2023) IMPLEMENTASI SISTEM PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS ELEKTRONIK E-SAMSAT (Studi E-Salam Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2938Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2120Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Realisasi dari pendekatan E-Samsat atau E-Salam di wilayah Lampung sangat kecil dan hanya 1% dari pendapatan yang dinilai. Masyarakat masih belum paham dan yang paling menjadi masalah adalah mengapa E-Samsat masih mengharuskan masyarakat untuk datang ke kantor Samsat padahal alasan utama dari E-Samsat selain memangkas waktu adalah untuk memudahkan masyarakat namun pada kenyataannya di lapangan E-Samsat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Pusat perhatian dalam proposisi ini adalah Penggunaan Pendekatan Kerangka Kerja Angsuran Kendaraan Bermotor Berbasis Elektronik (E-Samsat) di Wilayah Lampung yang pada saat itu dianalisis dengan menggunakan 3 petunjuk pelaksanaan yang sesuai dengan Korten (1980), yaitu kesesuaian antara elemen program dan elemen pelaksana, kesesuaian antara komponen sasaran dan komponen program, dan kewajaran antara komponen sasaran dan komponen pelaksana. Instansi yang menjadi objek kajian dalam proposal ini adalah Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Lampung. Hasil dari investigasi terhadap setiap penanda kesesuaian antara komponen program dan komponen pelaksana dari program ini adalah upaya untuk mendukung Pembangunan Nasional Non Tunai untuk memajukan administrasi kepada masyarakat Lampung, Kesesuaian antara elemenn sasaran dengan elemen program pelaksanaan program e-salam masih dinilai kurang menarik karena masih ada yang meremehkan dan tidak mengetahui program ini, kesesuaian antara komponen sasaran dengan komponen pelaksana masih banyak warga yang belum mendapatkan data terkait program e-salam itu sendiri sehingga pada penanda ini masih dinilai kurang layak. Usulan dari para analis adalah perlunya sosialisasi yang terus menerus, harus melakukan perombakan aplikasi yang terputus-putus, peningkatan sosialisasi sistem web, dan perlunya kerjasama dengan bank lain untuk cicilan taksasi kendaraan bermotor.. Kata Kunci: Implementasi, Pajak Kendaraan Bermotor, E-Samsat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2301826943 . Digilib
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:29
Terakhir diubah: 31 Aug 2023 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75404

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir