, RINAWATI (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 04 UJUNG GUNUNG ILIR KECAMATAN MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mneyetujui.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I E-TA.pdf - Published Version Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II E-TA.pdf - Published Version Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III E-TA.pdf - Published Version Download (139Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV E-TA - Copy.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (308Kb) |
||
|
File PDF
BAB V E-TA.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
Archive
lain-lain.zip - Published Version Download (2410Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kurangnya minat belajar dan rendahnya partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran atau kurangnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran IPS, berdampak pada hasil penilaian yang rendah dari KKM yang ditetapkan 60 hanya 50% saja siswa yang mencapai nilai tersebut. Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir dengan menerapkan metode bermain peran. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau dengan istilah lain (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdapat tiga kegiatan pokok yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, langkah ini dilakukan untuk mengatasi kelemahan kelemahan yang terjadi pada siklus I diperbaiki pada siklus berikutnya. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 53% = C (cukup) menjadi 69% = A (aktif) dan prestasi belajar, dari 17 orang siswa atau 56% yang mencapai nilai KKM menjadi 27 orang siswa 90% pada siklus II Kesimpulannya adalah metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, dapat memudahkan pemahaman terhadap konsep atau materi pelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas serta prestasi belajar siswa. Kata kunci : Bermain peran, prestasi dan IPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 02:50 |
Terakhir diubah: | 28 Jan 2014 02:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/759 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |