PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI

DYAH , TRI SULISTIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1911Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3323Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3246Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 2 Mojopahit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran cooperative script berbantuan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 2 Mojopahit tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 42 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling sehingga didapatkan sampel penelitian kelas VB dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran cooperative script berbantuan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 2 Mojopahit tahun ajaran 2022/2023. Kata kunci: big book, cooperative script, kemampuan berpikir kritis The problem in this study was the low students’ critical thinking skills in thematic learning of grade five SD Negeri 2 Mojopahit. The porpuse of this study was to determine the positive and significant effect of cooperative script learning with big book media on students' critical thinking skills in thematic learning grade five SD Negeri 2 Mojopahit school year 2022/2023. The type of research used was quasiexperiment. The research design used a pre-experimental design, with a one-group pretest-posttest design. The population of this study were all student in grade five, totaling forty-two students. The determination of the research sample used the cluster sampling technique so that a sample of grade five-B was obtained with total 20 students. Data collection techniques using test and non-test techniques in the form of documentation and observation. The data analysis used was a simple linear regression test. The results showed that there was a significant effect of cooperative script learning with big book media on students' critical thinking skills in thematic learning grade five SD Negeri 2 Mojopahit school year 2022/2023. Keywords: big book, cooperative script, critical thinking.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308863540 . Digilib
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:12
Terakhir diubah: 27 Sep 2023 06:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75902

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir