CINTANIA ADE , RAHMAYANI (2023) STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGELOLAAN PARKIR TEPI JALAN UMUM DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2067Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1441Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki jumlah perkembangan kendaraan cukup tinggi adalah Kota Bandar Lampung. Perkembangan jumlah kendaraan pribadi ini dapat membuat volume kendaraan di jalan raya bertambah dan kebutuhan akan lahan parkir semakin meningkat. Kebutuhan akan lahan parkir yang terus meningkat mengakibatkan pemerintah harus mengambil tepi jalan umum sebagai titik lokasi parkir yang sah untuk pemungutan retribusi parkir. Salah satu contoh parkir tepi jalan umum yang dikelola oleh Dinas Perhubungan di Kota Bandar Lampung yaitu wilayah parkir di Pasar Tengah. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan di wilayah parkir seperti lahan parkir yang terbatas, sistem pembayaran parkir yang tidak jelas, serta masyarakat harus membayar pungutan ganda. Berkenaan dengan permasalahan tersebut penelitian ini ditujukan untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam mengelola parkir di tepi jalan umum Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi yang mengacu pada teori tingkatan strategi menurut Higgins (1995) yang difokuskan kedalam indikator functional strategy yaitu strategi fungsional ekonomi, strategi fungsional manajemen, dan strategi isu stratejik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stategi pengelolaan parkir di Pasar Tengah Kota Bandar Lampung masih belum berjalan dengan optimal. Ditinjau dari indikator strategi menurut Higgins (1995) strategi isu stratejik Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung telah dipenuhi dengan cukup baik, namun dalam strategi fungsional ekonomi dan manajemen masih belum berjalan dengan optimal. Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan Parkir, Dinas Perhubungan, Parkir Tepi Jalan Umum Bandar Lampung City is one area in Indonesia with a fairly high number of vehicle developments. The development of the number of private vehicles can increase the volume of vehicles on the road and the need for parking space. The ever-increasing need for parking space has resulted in the government having to take the public roadside as a legal parking point for collecting parking fees. One example of public roadside parking managed by the Department of Transportation in Bandar Lampung City is the parking area in Pasar Tengah. Several problems are found in the parking area, such as limited parking space, unclear parking payment system, and the public having to pay double fees for parking. Concerning these problems, this research aims to analyze the strategy carried out by the Bandar Lampung City Transportation Service in managing parking on the side of public roads in Bandar Lampung City. This study uses descriptive research methods with a qualitative approach and data collection techniques in the form of interviews, documentation, and observations, which refer to the theory of strategic levels according to Higgins (1995), which are focused on functional strategy indicators, namely economic functional strategy, management functional strategy, and strategic issue strategy. The study results show that the parking management strategy at Pasar Tengah, Bandar Lampung City, still needs to run optimally. Judging from the strategic indicators, according to Higgins (1995), the strategic issue strategy of the Bandar Lampung City Transportation Service has been fulfilled quite well. However, in terms of economics and management, functional strategies are still not running optimally. Keywords : Strategy, Parking Management, Department of Transportation, Public Road Parking
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | 2308952340 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:29 |
Terakhir diubah: | 02 Oct 2023 07:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76003 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |