MENUMBUHKAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI SD IT INSAN MULIA KOTAGAJAH

DESTA , AYU RAMADANI (2023) MENUMBUHKAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER TARI DI SD IT INSAN MULIA KOTAGAJAH. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kepercayaan diri merupakan sifat yang dimiliki oleh seseorang dengan rasa percaya dan yakin terhadap kemampuan di dalam dirinya.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menumbuhkan karakter percaya diri melalui ekstrakurikuler tari di SD IT Insan Mulia Kotagajah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di SD IT Insan Mulia Kotagajah, strategi yang digunakan pembina ekstrakurikuler tari dalam membantu menumbuhkan karakter percaya diri peserta didik saat proses pembelajaran ialah dengan mengadakan persentasi gerak di depan kelas, menggunakan sistem bertukar barisan saat kegiatan latihan, memberikan motivasi serta membangun hubungan lebih baik dengan setiap anggota ekstrakurikuler tari. Pihak sekolah juga turut menyediakan pertunjukan tari sebagai wadah menyalurkan bakat setiap 1 tahun sekali dan sebagai bentuk apresiasi atas proses latihan yang telah mereka tempuh dalam waktu yang tidak singkat. Peneliti menemukan informasi bahwa strategi yang telah dijelaskan tersebut cocok diterapkan pada peserta didik dalam menumbuhkan karakter percaya diri. Menumbuhkan karakter percaya diri bukanlah proses yang hasilnya dapat dilihat dalam waktu singkat. Untuk itu sasaran fokus pembina ekstrakurikuler adalah anggota dari kelas 1 -3. Sehingga hasil dari metode ini dapat dilihat saat anggota ekstrakurikuler berada pada jenjang kelas yang lebih tinggi yaitu kelas 4-6. Kata kunci : Ekstrakurikuler, Tari, Karakter Percaya Diri Confidence is a trait that is owned by someone with a sense of trust and confidence in their abilities. This study aims to describe how to instill self- confidence through extracurricular dance at SD IT Insan Mulia Kotagajah. The research method used is a qualitative method with descriptive analysis. Based on the results of research at SD IT Insan Mulia Kotagajah, the method used by dance extracurricular coaches to help instill self-confidence in students during the learning process is to hold presentations in front of the class, use a system of swapping ranks during training activities, provide motivation and build better relationships. well with every dance extracurricular member. The school also provides dance performances as a forum for channeling talents and as a form of appreciation for the training process they have taken in a long time. The researcher found information that the method described was suitable for students to develop self-confidence. Growing a confident character is not a process whose results can be seen in a short time. For this reason, the target focus for extracurricular coaches is members from class 1 -3. So that the results of this method can be seen when extracurricular members are at a higher grade level, namely grades 4-6. Keywords : Extracurricular, Dance, Confident Character

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308330961 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:28
Terakhir diubah: 03 Oct 2023 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76048

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir