STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KONTEN AJAKAN BERZISWAF PADA AKUN INSTAGRAM @DD.LAMPUNG

MUHAMMAD , KEVIN GIBRALDI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF KONTEN AJAKAN BERZISWAF PADA AKUN INSTAGRAM @DD.LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan teknologi di era globalisasi ini telah membentuk manusia menjadi lebih terarah dan dinamis setiap pola interaksi dan komunikasi, salah satunya dengan adanya media sosial Instagram. dengan pengguna yang begitu masif berbagai informasi sangat dapat mudah diakses dan menyeluruh keberbagai lapisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif konten ajakan berziswaf pada akun instagram @dd.lampung dengan menggunakan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. Defleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan dalam strategi psikodinamika, yaitu konten-konten pesan yang mengingatkan keuntungan dan manfaat dari kita berzakat melalui hadist-hadist. Strategi sosiokultural memanfaatkan faktor lingkungan eksternal dengan banyak menjalankan kerja sama terhadap instansi dan perusahaan untuk berpartisipasi dengan secara luas agar menjadi maanfaat, Strategi Konstruksi makna, Dompet Dhuafa menggunakan perumpamaan-perumpamaan di dalam pesan konten yang di unggah tanpa mengurangi makna sebenarnya sehingga akan lebih menarik secara emosional dan juga dapat mudah lebih dimengerti. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Persuasif, Dompet Dhuafa, Instagram Technological developments in this era of globalization have shaped humans to become more focused and dynamic in every pattern of interaction and communication, one of which is social media like Instagram. With such massive users, various information can be easily accessed and is comprehensive at various levels. This research aims to determine the persuasive communication strategy for the content of the invitation to participate in ziswaf on the Instagram account @dd.lampung using the persuasive communication strategy theory of Melvin L. Defleur and Sandra J. Ball-Rokeach. This study used the descriptive qualitative method. Data collection techniques include observation, documentation, and interviews. Based on the research results obtained in psychodynamic strategies, namely message content that reminds us of the advantages and benefits of giving zakat through hadiths, The sociocultural strategy utilizes external environmental factors by collaborating with agencies and companies to participate widely in order to be of benefit. The meaning construction strategy, Dompet Dhuafa uses parables in the uploaded content without reducing the true meaning so that it will be more interesting in general. emotional and can also be easily understood. Keywords: Persuasive Communication Strategy, Dompet Dhuafa, Instagram

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308139717 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:14
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76279

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir