FIA , YURISTA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (435Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (418Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan literasi digital merupkan salah satu keterampilan yang dibutuhkan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berfikir analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan literasi digital peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Punggur. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan desain pretest-postest kelompok non-equivalen (non-equivalent group design). Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 orang yang terbagi menjadi Kelas XI IPA 1 (32 orang) dan Kelas XI IPA 2 (30 orang) dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data hasil literasi digital dari pre-test, post-test dan nilai ngain. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran OBAK terhadap kemampuan literasi digital peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Punggur (Sig. 0,001< 0,05). Hal ini menunjukkan model pembelajaran OBAK berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital peserta didik, dan juga pada tanggapan pesrta didik diperoleh ratarata 90,81% yang berarti peserta didik tertarik dengan model OBAK dan keterampilan literasi digitalnya meningkat. Kata kunci : Kemampuan Literasi digital, OBAK, materi sistem respirasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308763296 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:45 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2023 06:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76364 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |