TIA , ANGGRAINI (2023) PROSES KREATIF PENGARANG CERPEN HUJAN CAHAYA KARYA WIDYA AL FALAH DAN IMPLIKASINYA PADA RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses kreatif Widya Al Falah sebagai pengarang cerpen Hujan Cahaya dan implikasinya pada rancangan pembelajaran biografi yang dihubungkan dengan pembelajaran sastra di SMA kelas X. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada kompetensi dasar 3.14 tentang menilai hal yanng dapat diteladani dari teks biografi, dan KD 4.14 tentang mengungkapkan kembali hal hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis di SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri atas wawancara dengan Widya Al Falah, penelusuran biografi, serta eksplorasi akun media sosial yang dimiliki oleh pengarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya rangkaian proses kreatif yang dilalui oleh Widya Al Falah sebagai pengarang cerpen Hujan Cahaya dalam menulis karya-karyanya. Proses kreatif Widya dimulai dari dorongan untuk menulis, kegitan sebelum menulis, kegiatan selama menulis, kegiatan setelah menulis hingga karya dapat di terbitkan. Seluruh kegiatan yang dilalui Widya tidak lepas dari latar belakang pribadinya. Mulai dari alasan menulis, melakukan wawancara terlebih dahulu sebelum menulis, kegiatan berulang yang dilakukan saat menulis, hingga sampai pada tahap karya selesai ditulis semua sangat mencerminkan latar belakang budaya, agama, dan pendidikan Widya . Semua proses kreatif Widya ini sangat layak untuk dijadikan inspirasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menarik, dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran maupun diimplementasikan ke dalam rancangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kata kunci : proses, kreatif, pengarang, cerpen, rancangan, pembelajaran, SMA.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308835929 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2023 02:51 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2023 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76418 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |