PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF PADA FITUR TIKTOK LIVE TERHADAP MINAT BELI PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Followers TikTok @somethincofficial)

YOHANA PUTRI , LUMBAN RAJA (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF PADA FITUR TIKTOK LIVE TERHADAP MINAT BELI PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Followers TikTok @somethincofficial). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. abstrak - abstract.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3399Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. skripsi tanpa pembahasan.pdf

Download (3064Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada era digital ini, fitur live streaming TikTok menjadi salah satu cara untuk memasarkan produk sekaligus menjadi media untuk pengguna dan kreator berinteraksi dalam waktu yang nyata. Somethinc menjadi salah satu brand kecantikan yang menggunakan strategi komunikasi persuasif pada TikTok Live untuk menumbuhkan minat beli pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi persuasif pada TikTok Live terhadap minat beli produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan dua variabel penelitian yaitu komunikasi persuasif dan minat beli, serta penggunaan Elaboration Likelihood Theory sebagai teori pendukung untuk mengevaluasi pesan yang diterima dalam tayangan TikTok Live. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel pengikut akun TikTok @somethincofficial melalui metode probability sampling. Hasil menunjukan bahwa faktor sumber dimensi keahlian pada variabel x paling mempengaruhi dan dimensi tranksional pada variabel y paling dipengaruhi dalam penelitian ini. Berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan angka sebesar 52,4% pengaruh komunikasi persuasif pada TikTok Live terhadap minat beli produk Somethinc, sedangkan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Berdasarkan hasil yang sudah didapatkan, responden pada penelitian ini dominan berada di jalur sentral karena dapat menerima pesan persuasif sebelum memutuskan untuk membeli produk Somethinc yaitu dengan memproses pesan dengan melibatkan berbagai aspek mulai dari jenis produk, harga, keunggulan & kekurangan, cara pemakaian, ingredients, dan lain-lain. Kata kunci: Elaboration Likelihood Theory, Komunikasi Persuasif, Minat Beli, TikTok Live

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308192838 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:33
Terakhir diubah: 24 Oct 2023 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76737

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir