YOHANA PUTRI , LUMBAN RAJA (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF PADA FITUR TIKTOK LIVE TERHADAP MINAT BELI PRODUK SOMETHINC (Studi Pada Followers TikTok @somethincofficial). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. abstrak - abstract.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
2. skripsi full.pdf Restricted to Hanya staf Download (3399Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. skripsi tanpa pembahasan.pdf Download (3064Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pada era digital ini, fitur live streaming TikTok menjadi salah satu cara untuk memasarkan produk sekaligus menjadi media untuk pengguna dan kreator berinteraksi dalam waktu yang nyata. Somethinc menjadi salah satu brand kecantikan yang menggunakan strategi komunikasi persuasif pada TikTok Live untuk menumbuhkan minat beli pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi persuasif pada TikTok Live terhadap minat beli produk Somethinc. Penelitian ini menggunakan dua variabel penelitian yaitu komunikasi persuasif dan minat beli, serta penggunaan Elaboration Likelihood Theory sebagai teori pendukung untuk mengevaluasi pesan yang diterima dalam tayangan TikTok Live. Tipe penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel pengikut akun TikTok @somethincofficial melalui metode probability sampling. Hasil menunjukan bahwa faktor sumber dimensi keahlian pada variabel x paling mempengaruhi dan dimensi tranksional pada variabel y paling dipengaruhi dalam penelitian ini. Berdasarkan uji koefisien determinasi didapatkan angka sebesar 52,4% pengaruh komunikasi persuasif pada TikTok Live terhadap minat beli produk Somethinc, sedangkan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Berdasarkan hasil yang sudah didapatkan, responden pada penelitian ini dominan berada di jalur sentral karena dapat menerima pesan persuasif sebelum memutuskan untuk membeli produk Somethinc yaitu dengan memproses pesan dengan melibatkan berbagai aspek mulai dari jenis produk, harga, keunggulan & kekurangan, cara pemakaian, ingredients, dan lain-lain. Kata kunci: Elaboration Likelihood Theory, Komunikasi Persuasif, Minat Beli, TikTok Live
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2308192838 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:33 |
Terakhir diubah: | 24 Oct 2023 03:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76737 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |