Yusika Nabilla, 1013024069 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS V SD NEGERI 1 PENGAJARAN BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (652Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA pada kelas V di SD Negeri 1 Pengajaran, Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015 sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan tematik integratif. Sampel penelitian adalah seluruh guru kelas yang mengajar di kelas V yang dipilih secara purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi pelaksanaan pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh guru. Data dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan hasil skor sampel dengan skor berdasarkan lembar pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA bedasarkan kurikulum 2013 yang sesuai standar proses berdasarkan perolehan skor pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dengan presentase skor rata-rata 76,5% berkriteria tinggi. Hal tersebut didukung dalam kegiatan inti dan penutup seluruh responden yang mencapai kriteria tinggi (86,3% dan 87,5%). Akan tetapi pada kegiatan pendahuluan setiap responden hanya melaksanakan sebagian kegiatan yang sesuai standar proses dengan perolehan kriteria sedang (55,6%). Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA bedasarkan kurikulum 2013 yang sesuai penerapan pendekatan saintifik dengan persentase skor rata-rata 83,35% berkriteria tinggi. Hal ini ditunjukkan pada saat pembelajaran responden memfasilitasi peserta didik untuk mencoba, mengamati, menganalisis, menalar dan mengkomunikasikan hasil pembelajaran. Selama pembelajaran responden menyajikan pembelajaran sesuai tema dengan memasukkan beberapa mata pelajaran dalam satu proses pembelajaran serta memuat komponen karakteristik terpadu. Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA bedasarkan kurikulum 2013 yang sesuai pembelajaran tematik terpadu dengan persentase skor rata-rata 83,35% berkriteria tinggi. Dengan demikian hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas V pada SD Negeri 1 Pengajaran, Bandar Lampung memiliki kriteria tinggi. Kesesuaian tersebut didapat berdasarkan analisis pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan tematik terpadu.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2801311 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Mar 2015 06:39 |
Terakhir diubah: | 18 Mar 2015 06:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7701 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |