PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI AJAR CERITA RAKYAT BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Silvia , Meisesa (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI AJAR CERITA RAKYAT BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (30Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (30Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (30Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peghmasalahan lom penelitian sinji iyulah teghbatasni bahan ajagh burupa LKPD materi ceghita rakyat bubasis nilai karakter guwai kelas XI SMA. Tujuwan penelitian sinji ngehasilkon produk LKPD materi ajagh ceghita rakyat bubasis nilai karakter ghik ngedeskripsikon kelayakanni. Metode sai digunakon lom penelitian sinji R&D jama ngeadopsi pittu anjak sepuluh langkah pengembangan Brog and Gall. Pittu langkah teghsebut teghdiri anjak potensi ghik masalah, pengumpulan data kebutuhan, pengembangan bahan ghancangan, evaluasi produk validasi, revisi ghancangan, uji cuba produk skala teghbatas, ghik uji cuba produk skala luwas. Penelitia sinji dilakukon di SMAN 2 Bandar Lampung di kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IPS 1, ghik XI IPS 2. Instrumen penelitian ngegunakon skala likert ghik kuesioner. Teknik pengumpulan data jama angket ghik kuesioner teghadap validator ahli materi, ahli media, ghik ahli praktisi. Hasil penelitian ngenunjukkon (1) diproduksi bahan ajagh LKPD materi ceghita rakyat bubasis nilai karakter guwai siswa kelas XI SMA. Buisi nilai karakter komunikatif (Radin Inten II nerima urauwan Radin Ngerapat), demokratis (uleh bakas ngura sai Tangguh, cerdas, ghik cakap). Radin Inten II ngejadi raja adok usiya ngura), peduli sosial (Beliau ngebimbing sekelompok individu), peduli lingkungan (ngawasi pembangunan benteng sai cadang), gekhing damai (Radin Inten II gagah, mebani, ghik bijaksana), demon tanoh kelaheran (beji tehadap kurukni penjajahan Belanda di wilayah Lappung), tanggung jawab (ngator pasokan bahan kanikan sai kuruk), ghik kreatif (ahli strategi petempugh jeniyus); (2) uji kelayakan LKPD divalidasi ulih ahli materi, ahli media, ghik ahli praktisi. LKPD materi cerita rakyat bubasis nilai karakter sinji dinyatakon sangat layak, anjak ahli materi ngedapokkon nilai ghata-ghata 88,1%, anjak ahli media ngedapokon nilai ghata-ghata 91,66%, ghik anjak ahli praktisi ngedapokkon nilai ghata-ghata 96,35%. Cawa Kunci: pengembangan, LKPD, cerita rakyat, nilai karakter Permasalahan dalam penelitian ini ialah terbatasnya bahan ajar berupa LKPD materi cerita rakyat berbasis nilai karakter untuk kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk LKPD materi ajar cerita rakyat berbasis nilai karakter dan mendeskripsikan kelayakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini R&D dengan mengadopsi tujuh dari sepuluh langkah pengembangan Brog and Gall. Tujuh langkah tersebut terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data kebutuhan, pengembangan bahan rancangan, evaluasi produk validasi, revisi rancangan, uji coba produk skala kecil, dan ujicoba produk skala besar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Bandar Lampung di kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IPS 1, dan XI IPS 2. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dan kuesioner. Teknik pengumpulan data dengan angket dan kuisioner terhadap validator ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Hasil penelitian menunjukkan (1) diproduksi bahan ajar LKPD materi cerita rakyat berbasis nilai karakter untuk siswa kelas XI SMA. Berisi nilai karakter komunikatif (Radin Inten II menerima ajakan Radin Ngerapat), demokratis (karena pria muda yang tangguh, cerdas, dan cakap). Radin Inten II menjadi raja pada usia muda), peduli sosial (Beliau membimbing sekelompok individu), peduli lingkungan (mengawasi pembangunan benteng yang rusak), cinta damai (Radin Inten II gagah, berani, dan bijaksana), cinta tanah air (benci terhadap masuknya penjajahan Belanda di wilayah Lampung), tanggung jawab (mengatur pasokan bahan makanan yang masuk), dan kreatif (ahli strategi pertempuran jenius); (2) uji kelayakan LKPD divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. LKPD materi cerita rakyat berbasis nilai karakter ini dinyatakan sangat layak, dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 88,1%, dari ahli media mendapatkan nilai rata-rata 91,66%, dan dari ahli praktisi mendapatkan nilai rata-rata 96,35%. Kata Kunci: pengembangan, LKPD, cerita rakyat, nilai karakter, The problem in this study is the limited teaching materials in the form of character value-based folklore material LKPD for class XI SMA. The purpose of this research is to produce LKPD materials for teaching folklore based on character values and to describe their feasibility. The method used in this research is R&D by adopting seven of the ten Brog and Gall development steps. The seven steps consist of potentials and problems, collection of needs data, development of design materials, evaluation of validation products, design revisions, limited-scale product trials, and wide-scale product trials. This research was conducted at SMAN 2 Bandar Lampung in class XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IPS 1, and XI IPS 2. The research instrument used a Likert scale and a questionnaire. Data collection techniques with questionnaires and questionnaires to material expert validators, media experts, and practitioner experts. The results of the study showed (1) that folklore based on character values were produced LKPD teaching materials for class XI high school students. Contains communicative character values (Radin Inten II accepts Radin Ngerapat's invitation), democratic (because of strong, intelligent, and capable young men). Radin Inten II became king at a young age), social care (he guided a group of individuals), environmental care (supervised the construction of a damaged fortress), love peace (Radin Inten II was brave, brave and wise), love for the motherland (hatred of colonialism Dutch in the Lampung region), responsibility (managing the supply of incoming food), and creative (a genius battle strategist); (2) LKPD feasibility tests are validated by material experts, media experts, and practitioner experts. LKPD folklore material based on character values is declared very feasible, material experts get an average score of 88.1%, media experts get an average score of 91.66%, and practitioners get an average score of 96.35 %. Keyword: development, LKPD, folklore, character value

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 2308612580 . Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:23
Terakhir diubah: 11 Dec 2023 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77219

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir