KAJIAN PERPINDAHAN KALOR PADA PROSES PEMBEKUAN PCM PARAFIN MELALUI MEDIA DOUBLE PIPE HEAT EXCHANGER DENGAN PENAMBAHAN SIRIP MELINTANG

AHMAD , HANDICA AFREDO (2023) KAJIAN PERPINDAHAN KALOR PADA PROSES PEMBEKUAN PCM PARAFIN MELALUI MEDIA DOUBLE PIPE HEAT EXCHANGER DENGAN PENAMBAHAN SIRIP MELINTANG. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2567Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2394Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Energi surya adalah bentuk energi terbarukan yang bersih, berlimpah serta sumber energi yang ramah lingkungan. Energi matahari menjadi fokus penting untuk mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil yang terbatas dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dalam pemanfaatan energi matahari diperlukan suatu alat seperti kolektor surya yang dapat menangkap dan menkonversi energi matahari menjadi energi yang dapat diaplikasikan ke pemanasan air dan lainnya. Kolektor surya tidak dapat menyimpan energi ketika sinar matahari tidak tersedia, sehingga dibutuhkan suatu bahan yang dapat menyimpan panas seperti bahan perubahan fasa. Phase change material (PCM) merupakan suatu bahan yang dapat menyerap panas sensibel dan panas laten. PCM yang digunakan berupa paraffin wax (lilin parafin). Penelitian tentang penggunaan paraffin wax (lilin parafin) dalam kolektor surya menggunakan bantuan sistem double pipe. Dalam sistem double pipe ini menggunakan pipa luar (pvc) dan pipa bagian dalam (tembaga) dengan penambahan sirip melintang serta variasi jarak antar sirip (3 cm, 4 cm, dan 5 cm). Dari ketiga hasil pengujian dengan variasi jarak antar sirip maka besar selisih nilai temperatur air masuk dan keluar alat penukar kalor serta waktu yang dibutuhkan parafin mencapai temperatur 32°C hampir sama, sedangkan dengan variasi debit aliran air didapatkan ketika debit aliran 4 l/min laju perpindahan panas lebih besar dan waktu yang dibutuhkan parafin mencapai temperatur 32 °C lebih cepat dibandingkan debit aliran 12 l/min laju perpindahan panas yang terjadi lebih kecil dan waktu yang dibutuhkan parafin mencapai temperatur 32°C lebih lama. Kata Kunci : Energi matahari, PCM, parafin, Laju Perpindahan Panas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 2308518375 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:26
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77389

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir