PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN PERTANYAAN OLEH SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

NANDA, LUTHFIATUL HASANAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN PERTANYAAN OLEH SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FUL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FUL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan pertanyaan oleh siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian menggunakan randomized pretest-posttest comparison group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu eksperimen I (XI IPA 2) menggunakan model flipped classroom berbantuan pertanyaan dan eksperimen II (XI IPA 3) menggunakan model flipped classroom tanpa berbantuan pertanyaan yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Withney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model flipped classroom berbantuan pertanyaan oleh siswa terhadap kemampuan berpikir kritis (Sig. (2-tailed) 0.002 < 0.05). Pembelajaran dengan model flipped classroom berbantuan pertanyaan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini terlihat dari nilai rerata N-gain pada kelas eksperimen I adalah 0.486 lebih tinggi dari nilai rerata N-gain kelas eksperimen II yaitu 0.382 dengan kategori sedang. Analisis per indikator berpikir kritis menunjukkan hasil perhitungan N-gain kelas eksperimen I pada indikator memberikan penjelasan sederhana, khususnya pada sub indikator memfokuskan pertanyaan memperoleh nilai tertinggi dibandingkan dengan sub indikator lainnya yaitu sebesar 86%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh observer diperoleh rerata 93.06% (kategori sangat baik) dan untuk angket tanggapan siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap penerapan model flipped classroom berbantuan pertanyaan, dimana diperoleh rerata sebesar 70.96% (kategori baik). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Flipped Classroom, Pertanyaan Siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308931501 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2023 06:49
Terakhir diubah: 15 Dec 2023 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77424

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir