ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK PADA PEMBERITAAN KASUS OPERASI TANGKAP TANGAN REKTOR UNIVERSITAS LAMPUNG DI PORTAL BERITA ONLINE LAMPOST.CO

RIKA KHUSNUL, HASANAH (2023) ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK PADA PEMBERITAAN KASUS OPERASI TANGKAP TANGAN REKTOR UNIVERSITAS LAMPUNG DI PORTAL BERITA ONLINE LAMPOST.CO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan korupsi di negara ini dapat dianggap sebagai suatu penyakit yang belum berhasil diatasi, dan dampaknya memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap kemajuan, struktur sosial, dan politik. Praktik korupsi di perguruan tinggi bukanlah hal yang tabu, dibuktikan banyaknya jajaran perguruan tinggi memiliki latar belakang yang terlibat korupsi. Kasus operasi tangkap tangan Rektor Universitas Lampung pada 20 Agustus 2023 atas dugaan suap penerimaan mahasiswa baru jalur masuk mandiri yang banyak diperbincangkan diberbagai media dan memiliki dampak bagi pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konstruksi realitas media massa Lampost.co, dan menganalisis dan menginterpretasikan struktur teks, kognisi sosial, kontek sosial pada wacana pemberitaan kasus operasi tangkap tangan Rektor Universitas Lampung di portal berita online Lampost.co. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Realitas Media Massa dan dianalisis menggunakan Analisis Wacana kritis Teun A. Van Dijk. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Konstruksi realitas Lampost.co mengenai kasus OTT Rektor Unila, bahwa berita yang dipublikasikan mengenai kasus OTT Rektor Unila tidak hanya memusatkan perhatian pada insiden penangkapan oleh KPK, melainkan juga menyoroti dampaknya. Sebagai media yang mengusung tagline "Teruji dan Terpercaya," Lampost.co, dalam pemberitaannya, lebih menekankan penggunaan fakta-fakta lapangan sebagai dasar untuk pembuatan berita. Selanjutnya pada Struktur teks pada wacana kritis Teun A. Van Dijk meliputi struktur makro, superstruktur, struktur mikro I, II, III, IV, kognisi sosial, dan kontek sosial pada pemberitaan kasus OTT Rektor Unila disusun dengan mengambil tema sesuai dengan liputan dilapangan mengenai perkembangan kasus yang menjerat Rektor Universitas Lampung dimulai dari penangkapan oleh KPK hingga vonis yang didapatkan oleh tersangka dalam kasus suap penerimaan mahasiswa baru jalur masuk mandiri. Kata kunci : Operasi Tangkap Tangan, Wacana Kritis Van Dijk, Konstruksi Realitas Sosial, Portal Berita Lampung Post.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308528316 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:07
Terakhir diubah: 19 Dec 2023 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77603

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir