KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN PEMECAHAN MASALAH

Syahnaz , Gustianne Dwinda (2023) KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2578Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1722Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan instrumen Assessment for Learning (AfL) pada pembelajaran fisika berbasis proyek terhadap kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMAN 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penilaian dengan menggunakan AfL pada kelas eksperimen dalam pembelajaran fisika berbasis proyek dinyatakan efektif dalam mengukur kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah jika ketuntasan belajar klasikal minimal mencapai 85% dengan ketuntasan belajar individu sebesar 75. Analisis nilai kelas eksperimen diperoleh nilai kemampuan kolaborasi melampaui ketuntasan klasikal dengan sebanyak 30 (85,71%) peserta didik, sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah sebanyak 32 (91,43%) peserta didik. Didukung dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh untuk kemampuan kolaborasi dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,009 dan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,002, maka keputusan yang diambil yaitu terdapat perbedaan kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan instrumen AfL dan pada kelas kontrol yang menggunakan AoL terhadap pembelajaran fisika berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian dengan menggunakan AfL pada pembelajaran fisika berbasis proyek efektif dalam mengukur kemampuan kolaborasi dan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Assessment for Learning (AfL), Project Based Learning (PjBL), kemampuan kolaborasi, kemampuan pemecahan masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308578728 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:10
Terakhir diubah: 27 Dec 2023 01:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77907

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir