PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MODEL PjBL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

JANNATUSSYIFA, (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM DENGAN MODEL PjBL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2929Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2171Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PjBL terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pagelaran menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan, yaitu Non-equivalent Control Group Desain. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes pilihan jamak dan lembar observasi. Pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PjBL dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, hal ini dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,663 dengan kategori sedang lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 0,596 dengan kategori sedang. Hasil analisis data peroleh dari uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,043, begitupun pada hasil belajar psikomotorik peserta didik dengan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi modul pembelajaran berbasis pendekatan STEM dengan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik pada materi gelombang bunyi. Kata kunci: Modul, PjBL, Pendekatan STEM, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotorik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308100357 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:13
Terakhir diubah: 27 Dec 2023 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77908

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir