SAIRO, SAIRO (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2134Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1386Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada materi asam basa berorientasi pada peningkatan keterampilan berpikir kritis, mendeskripsikan validitas, tanggapan guru dan peserta didik mengenai LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE. Dalam penelitian ini melibatkan 3 guru kimia dan 34 peserta didik kelas XI pada tahap analyze, 3 validator ahli dan 3 guru kimia serta 30 peserta didik pada tahap develop. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistic deskriptif. Kevalidan LKPD ini didasaran pada hasil validasi pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan. Hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi memiliki kriteria tinggi yaitu 80%, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan memiiki kriteria sangat tinggi berturut-turut 87%, 81%, dan 81%, hasil validasi ahli terhadap keempat aspek penilaian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid. Hasil tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan memiiki kriteria sangat tinggi bertutturut 89,3%, 94%, 87% dan 88%.serta hasil tanggapan peserta didik pada aspek kemenarikan dan keterbacaan memiiki kriteria sangat tinggi yaitu 89% menunjukkan bahwa LKPD ini menarik dan mudah untuk dipahami. Berdasarkan hal tersebut, maka LKPD berbasis discovery learning pada materi asam basa berorientasi pada peningkatan keterampilan berpikir kritis layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: discovery learning, LKPD, asam basa, keterampilan berpikir kritis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308493165 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 03:02 |
Terakhir diubah: | 17 Jan 2024 03:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78092 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |