PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM REHABILITASI SOSIAL ANAK PUTUS SEKOLAH (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan Sosial Bina Remaja Radin Intan Lampung)

FITRI, HANDAYANI (2023) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM REHABILITASI SOSIAL ANAK PUTUS SEKOLAH (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan Sosial Bina Remaja Radin Intan Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3781Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3247Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu masalah sosial yang terjadi di Indonesia ialah masih banyaknya anak yang tidak menempuh pendidikan dikarenakan faktor internal maupun faktor eksternal yang dialami anak tersebut baik yang disebabkan oleh ketidakmampuan untuk bersekolah, atau keterbatasan ekonomi keluarga yang menjadi penyebab anak tidak dapat melanjutkan pendidikan di bangku sekolah. Pemerintah mempunyai kewajiban yang penting dalam menangani masalah tersebut, sehingga dalam hal ini pekerja sosial menjadi penyelenggara negara yang dibentuk untuk menangani permasalahan sosial yang terjadi khususnya permasalahan yang dialami oleh anak putus sekolah. Peran pekerja sosial sangat penting dalam merehabalitasi anak putus sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pekerja sosial dalam merehabilitasi anak putus sekolah di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelayanan Sosial Bina Remaja Radin Intan Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Terdapat indikator peran pekerja sosial dalam melakukan rehabilitasi sosial anak putus sekolah diantaranya indikator fasilitator, perantara (broker), mediator, pembela (advocate) dan pelindung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan peran pekerja sosial sudah berperan dalam melakukan rehabilitasi sosial terhadap anak putus sekolah. Meskipun demikian masih terdapat kekurangan yang dialami oleh pekerja sosial dalam menjalankan perannya. Kata Kunci : Pekerja Sosial, Rehabilitasi Sosial, Anak Putus Sekolah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2308444326 . Digilib
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:37
Terakhir diubah: 22 Jan 2024 01:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/78171

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir